The Birth

Kamis tengah malam, jam 11.07, seorang bayi mungil telah lahir di sebuah rumah sakit terkenal di Sydney, bernama Royal Hospital for Women (RHW). Hari itu bertepatan dengan tanggal 20 Jumadits-tsani 1431 H atau 3 Juni 2010. Bayi mungil itu kemudian diberi nama Sarah Alya Azizah.

Kelahiran Sarah sempat membuat umi syok. Selain waktunya yang maju 17 hari sebelum HPL, bayi itu juga lahir dengan berat lumayan rendah yaitu 2,7 kg dan panjang 44 cm, membuatnya tampak mungil. Jauh lebih mungil dibandingkan dengan bayi-bayi lain di sana yang hampir semuanya bule. Sarah juga lahir dengan waktu yang sangat singkat, hanya lima menit saja sehingga sempat membuat badan umi menggigil karena proses melahirkan yang terlalu cepat.

Sampai usia 14 hari, Sarah belum boleh dibawa pulang. Ia masih harus berada di rumah sakit tersebut untuk menjalani perawatan di ruang khusus, Newborn Care Center (NCC). Ruangan itu untuk merawat bayi-bayi yang bermasalah seperti Sarah, maupun bayi-bayi yang lahir dengan berat rendah (bayi prematur dan bayi kembar). Sarah dirawat di sana setelah didiagnosa down syndrome.

Beberapa tes dilakukan, termasuk tes kromosom yang akhirnya memberikan kesimpulan bahwa Sarah memang down syndrome dengan tipe mayoritas, yaitu tipe trisomi 21. Selain itu Sarah juga menderita hipotiroid, suatu kondisi kekurangan hormon tiroid yang memang kadang dimiliki oleh penderita down syndrome. Alhamdulillah tes-tes lain tidak menunjukkan adanya ketidakberesan. Semuanya normal, termasuk jantung, pencernaan, pendengaran, dan penglihatan.

Sarah adalah anugerah sekaligus ujian terbesar sepanjang hidup kami. Namun, sepedih apa pun ketetapan-Nya, kami harus menerimanya dengan lapang dada.

Laa yukallifullaahu nafsan illaa wus’ahaa.
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kadar kesanggupannya.
Kami yakin, Allah telah memilih kami karena Allah percaya bahwa kami bisa. Bahwa kami mampu mengurus dan mendidiknya dengan baik.

Sarah adalah anak spesial, yang akan mengajari kami banyak hal.
Sarah akan mengajari kami dua hal penting dalam hidup: bersyukur dan bersabar.
Hanya kepada Allah-lah kami memohon pertolongan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s