Akhirnya Bisa Bilang “Ka”

Huruf Kaf, Makhorijul HurfMengajari anak DS bicara memang susah. Butuh sabar yang saaangat banyak. Secara teori medis, anak dengan Down Syndrome mempunyai bentuk lidah yang lebih panjang. Sedangkan langit-langit mulutnya lebih sempit dan tinggi.

Lama saya mengajari Sarah untuk bilang “ka”. Seringnya yang keluar justru “ta”. Saya mengajari Sarah huruf hijaiyah lebih dahulu dibandingkan dengan huruf latin. Yang demikian karena jauh di lubuk hati, kami ingin sekali Sarah kelak bisa menghafal Al Qur’an. Dan untuk menghafal, perlu untuk bisa membaca, karena anak DS bisa dilatih membaca. Semoga Allah ijabah do’a kami, Aamiin.

<!–more–>

Kembali ke huruf “kaf”. Jika melihat di buku-buku tahsin (metode belajar membaca Al Qur’an) maka akan terlihat makhorijul hurf (tempat keluar huruf) “kaf” ada di mulut bagian belakang. Posisi lidah bagian belakang menempel di langit-langit mulut. Bisa coba dirasakan saat mengucap “ka”. Nah, ini butuh effort yang lebih bagi anak DS yang punya langit-langit mulut tinggi.

Saya mengajari dengan bilang “eg” terlebih dahulu. Mirip mengucap “egg” kurang lebih.

Awalnya, Sarah bilang “eg-ta” bukan “eg-ka”. Saya ajari terus, kok masih seperti itu. Saya pegang lidah depannya, dan sedikit tergigit, karena Sarah masih mengucap “ta” yang mengharuskan ujung lidahnya nempel di gigi depan.

Begitu saya tekan ujung lidah, dia mulai merasakan, bahwa lidah bagian belakang mau tidak mau harus terangkat dan menyentuh langit-langit mulut.

Demikian saya lakukan terus, sampai suatu ketika, hari ini tepatnya, Sarah bisa mengucapkan “ka” dengan baik.

Tadi, Sarah sudah bisa mengucapkan dengan jelas kata-kata berikut: kaki, aku, dan kakak. Untuk yang berakhiran konsonan masih agak susah, misal ketika membaca surat Al Ikhlas, “Qul” masih menjadi “Tul”. Harus diulang pelan-pelan baru bisa benar.

Alhamdulillah, bi idznillah. Semua atas ijin Allah. Sempat bingung juga gimana caranya ya.. Tapi lantas mencoba dan terus mencoba. Latihan lagi dan lagi. Semoga terus semangat belajar dan mengajar.

***

Image source https://www.slideshare.net/mobile/Srianisa/hurufhijaiyah

Leave a Reply

