Homeschooling for Down Syndrome

hs-sarah

 

Sebelum memutuskan untuk homeschooling, Sarah sudah melewati proses belajar di sekolah umum.
Sekolah umum pertamanya adalah sebuah PAUD sederhana di kampung kami. Dengan fasilitas seadanya dan juga jumlah siswa yang tidak terlalu banyak.
Sarah berada di PAUD ini kurang lebih setahun, yaitu saat usianya tiga tahun. Lalu berhenti dan meanjutkan ke TK umum selama dua tahun.
Di TK umum, selama dua tahun, lebih sering ditunggui oleh khadimat (ART), dan selama itu Sarah masih belum bisa mengikuti pelajaran di kelas dengan baik. Dia masih suka-suka sendiri. Kadang mau di kelas, kadang jika bosan langsung keluar kelas. Ya, begitulah. Karena anak down syndrome kami ini memang moody.
Sampai akhirnya , ketika sy pindahkan ke TK lain (TK Islam, yang menurut sy lebih baik dari segi agamanya) Sarah masih tetap menunjukkan perilaku yang sama.
Di TK Islam itu, Sarah hanya bertahan dua bulan saja. Plus, saat itu saya mendapat kesempatan untuk terjun langsung mendampingi ustadzah di kelas Sarah.

Dua bulan berjalan.

Sarah bisa sedikit-sedikit mengikuti kegiatan. Namun, kadang sering keluar kelas, mengintip kelas lain, atau bermain saja, sesukanya. Akhirnya, setelah menimbang-nimbang, melalui obrolan dengan sang ayah, kami memutuskan agar saya mendampingi Sarah saja di rumah. Dan hari ini adalah hari ke dua Sarah belajar di rumah. Tentu saja bersama sang adik yang masih berusia dua tahun.

Faktanya, dan saya memang harus menerimanya😀 Sarah dan adiknya masih pantas berada dalam satu kelas homeschooling di rumah. Tak perlu lebay nangis2 jika tes IQ menyebutkan bahwa kemampuan anak Down Syndrome usia enam tahun itu masih setara dengan anak dua atau tiga tahun.

Happy saja😀

Next insya Allah sy posting kegiatan-kegiatan dalam homeschooling kami. Menunggu waktu luang, tentu saja. Seperti sekarang, saat istirahat dan mereka bermain kartu bergambar hewan dan ngobrol berdua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s