Pertemuan dengan Anggota POTADS

Januari 2011

Apa sih POTADS? Persatuan Orang Tua Anak dengan Down Syndrome, itulah kepanjangannya. Umi berkenalan dengan teman-teman POTADS di sebuah milis. Sesuai namanya, POTADS adalah lembaga sosial yang concern mengurusi hal-hal berkaitan dengan down syndrome. POTADS mengadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang tua dengan anak-anak penyandang down syndrome. Lebih dari itu, POTADS yang berpusat di Jakarta juga aktif membantu anak-anak atau bayi DS yang sedang dirawat di rumah sakit yang kebetulan orang tuanya tidak mampu.

Awal mengetahui POTADS dari search di internet. Setelah menemukan milisnya langsung join. Alhamdulillah banyak ilmu yang didapatkan dan juga pengalaman-pengalaman bermanfaat dari orang tua yang anak DS-nya sudah lebih dewasa.

Suatu ketika, ada dua keluarga pengurus POTADS yang akan berlibur ke Jogja. Mereka berinisiatif untuk mengumpulkan orang tua dengan anak DS dalam sebuah wadah bernama Kopdar Jogja. Kopdar dilaksanakan pada hari Ahad, 2 Januari 2011 bertempat di Hotel Meliapurosani.

Berkumpul delapan keluarga saat itu, lengkap bersama anak-anak DS mereka. Umi cukup dibuat penasaran dengan pertemuan ini. Umi ingin sekali melihat anak-anak DS bersosialisasi. Ada Salma, seorang gadis kecil yang membuat umi berdecak kagum. Tingkahnya sopan dan mudah diajak komunikasi. Lalu ada Lana yang berambut panjang, yang lebih “aktif” daripada Salma. Ada Axl, bocah laki-laki yang menurut cerita ibunya perkembangan motoriknya tidak jauh tertinggal dari anak normal, namun kemampuan bicaranya yang lambat. Lana dan Axl adalah putra-putra dua pengurus. Keduanya juga Salma berusia tak jauh beda, sekitar tujuh tahun.

Yang dari Jogja sendiri waktu itu ada Sarah, Tita (2 tahun), Maulida (4 tahun) dan Aransha (8 bulan) yang saat itu tidak dibawa karena jarak yang jauh sehingga kasihan bila diajak. Satu lagi adalah almarhumah baby Tia yang saat kopdar sudah tujuh hari dimakamkan. Tia meninggal karena komplikasi. Orang tuanya terlihat sangat tabah ketika itu.

Kopdar ini sangat bermanfaat sekali, terutama bagi orang tua yang baru dikaruniai anak DS seperti kami, juga ayah dan ibu Aransha. Merekalah yang memberi informasi tentang klinik lain selain di CH. Kisahnya di postingan selanjutnya ya…🙂

2 comments on “Pertemuan dengan Anggota POTADS

  1. Junika says:

    salam kenal dari aku Junika, ibunya Irfan (ads, 10 th). Oya aku jg ada blog alamatnya: http://www.mblogjunikasp.tumblr.com
    aku salah satu pengurus Potads. Tinggal di Cinere.

  2. Sarah Alya says:

    Makasih mba udah mampir. Blognya udah aku link. Tapi ngga bisa komen, musti login ke tumblr dulu ya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s